Image-Description
Puncak Peringatan HUT ke-77, DAMRI Usung Tema “Melaju Bersam...

Jakarta, 25 November 2023 – Perum DAMRI memperingati momen bersejarah setiap tahunnya, yaitu hari ulang tahun yang ke-77 pada 25 November. Pada peringatan HUT tahun 2023, DAMRI mengangkat tema "Melaju Bersama DAMRI Menuju Indonesia Maju."

Tema ini diangkat untuk menggambarkan semangat, harapan, dan tekad untuk bersama-sama bekerja menuju kemajuan Indonesia dengan dukungan dari berbagai sektor, termasuk transportasi publik yang diwakili oleh DAMRI. “Usia 77 tahun bagi DAMRI bukan hanya sekedar angka, tetapi juga pencapaian atas kinerja DAMRI dalam memberikan kontribusi terhadap konektivitas transportasi darat di negeri ini,” ucap Direktur Utama DAMRI Ibu Setia N. Milatia Moemin.

Ibu Milatia mengungkapkan bahwa dalam rangka perayaan HUT ke-77 DAMRI menjadi momentum bagi seluruh Insan DAMRI untuk sejenak merefleksikan diri menanamkan dalam hati dan pikiran bahwa setiap pekerjaan yang dilakukan memiliki dampak. “Setiap Insan DAMRI memiliki peran, tanggung jawab, dan amanah untuk membawa Perusahaan lebih baik dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia,” lanjutnya.

Tahun 2023 merupakan tahun yang sangat penting yang mana berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2023, Perum PPD melebur ke dalam Perum DAMRI. Setelah resmi bergabung pada 6 Juni 2023, DAMRI berkomitmen untuk tumbuh dengan melakukan berbagai inovasi bisnis dari segala sisi. Di antaranya DAMRI terus hadir pada setiap perhelatan event internasional yang diadakan di Indonesia, seperti F1 Powerboat Lake Toba, World Superbike Mandalika, dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023, serta yang masih berlangsung hingga saat ini, yaitu event Piala Dunia FIFA dengan menyediakan angkutan shuttle di Bandung untuk menunjang mobilitas para penonton di ajang tersebut. DAMRI pun berkomitmen mendukung target pemerintah dalam program net zero emission dengan menghadirkan bus listrik secara sinergi dengan berbagai pihak stakeholder.

Pengembangan inovasi lain yang dilakukan DAMRI berupa digitalisasi pembayaran sehingga dapat memfasilitasi masyarakat dengan berbagai opsi pembayaran online saat hendak memesan tiket perjalanan di DAMRI Apps, seperti transaksi melalui Mobile Banking, beragam e-wallet hingga fasilitas paylater secara nyaman dan aman.

Sebagai penyedia jasa layanan transportasi publik, DAMRI juga berhasil menyukseskan bulan haji melalui layanan Angkutan Haji dengan sukses memberangkatkan sebanyak 163 ribu jamaah haji dalam proses embarkasi maupun debarkasi.

Di semarak ulang tahun ke-77 DAMRI, berbagai kegiatan dilakukan sebagai rasa syukur karena DAMRI telah mampu berdiri tegak di segala tantangan yang ada. Kegiatan menyambut HUT di antaranya mengadakan kegiatan sosial donor darah pada 14 November 2023, turnamen bulu tangkis putra – putri pada 15 – 16 November 2023, turnamen mini soccer pada 21 – 22 November 2023, kegiatan sosial khitan massal pada 22 November 2023, dan turnamen Mobile Legends pada 23 November 2023. Adapun, lomba karya inovasi yang diperuntukkan mengasah kemampuan kritis Insan DAMRI dalam membentuk sebuah gagasan optimalisasi dan efisiensi untuk kemajuan Perusahaan serta 5R (Resik, Rapih, Ringkas, Rawat, dan Rajin) Challenge untuk area workshop teknik di setiap kantor cabang.

Tepat di hari jadi, DAMRI melakukan upacara peringatan, doa bersama, dan pemotongan tumpeng yang dilakukan tepat pada 25 November 2023. Menjalin hubungan baik dengan para pelanggan juga dilakukan DAMRI melalui pemberian potongan harga tiket sebesar Rp77 khusus Angkutan Bandara dan Angkutan Kota Antar Provinsi, serta apresiasi karya jurnalistik sebagai ajang menjalin hubungan baik kepada media.

DAMRI turut memberikan penghargaan kepada pramudi dan frontliner yang telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan yang prima selama bertugas. DAMRI pun melakukan aksi sosial berupa bantuan pendidikan bagi anak berprestasi dari pramudi DAMRI yang telah berkontribusi dan mendedikasikan diri terhadap perusahaan.

DAMRI sangat berterima kasih dan mengapresiasi seluruh pihak, khususnya masyarakat yang telah setia menggunakan armada DAMRI selama 77 tahun. Semoga layanan DAMRI akan semakin baik, dan terus menciptakan inovasi sebagai penunjang menuju transportasi darat publik yang lebih terkemuka.