Informasi Terbaru Operasional DAMRI pada Masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022

Posted by: sekper | 20/12/2021 | Kategori: News | 2459 kali dibaca | Rating: 717

Menjelang masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, DAMRI mematuhi kebijakan Pemerintah untuk menerapkan syarat perjalanan darat yang mengacu pada Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 24 Tahun 2021 tentang Pengaturan Aktivitas dan Mobilitas Masyarakat Selama Periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam Masa Pandemi COVID-19.

Corporate Secretary DAMRI, Sidik Pramono mengatakan bahwa dalam rangka menyambut Nataru, DAMRI telah melakukan berbagai persiapan mulai dari penyediaan 1.679 armada bus yang telah melalui serangkaian inspeksi keselamatan (ramp check) hingga pembukaan penjualan tiket periode 18 Desember 2021 hingga 5 Januari 2022 yang dapat dilakukan melalui aplikasi DAMRI Apps, situs www.damri.co.id, Traveloka, Redbus, Alfamaret, dan Indomaret yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kami sebagai operator bus sangat peduli terhadap keamanan dan keselamatan pelanggan, salah satunya dengan mengatur batas kapasitas penumpang (load factor) maksimal 70% dari kapasitas tempat duduk, juga menerapkan jaga jarak konfigurasi seat 1-1,” ujar Sidik.

Kendati demikian, dengan adanya pertimbangan load factor, DAMRI melakukan penyesuaian tarif guna memastikan kualitas layanan yang baik bagi pelanggan.

Berikut beberapa trayek yang dilayani DAMRI dilengkapi tarif Nataru, di antaranya:

Rute

Bisnis

Eksekutif

Royal Class

Jakarta - Surabaya

-

Rp420.000

Rp490.000

Jakarta - Malang

-

Rp480.000

Rp550.000

Jakarta - Wonoboso

Rp190.000

Rp240.000

-

Palembang - Jakarta

Rp360.000

-

-

Pelembang - Lampung

-

Rp290.000

-

Serang - Wonoboso

-

Rp205.000

-

Bandung - Kuningan (via Tol)

-

Rp110.000

-

Bandung - Yogyakarta

-

Rp260.000

-

Bogor - Yogyakarta

Rp190.000

-

-

Pontianak - Pangkalan Bun

-

Rp580.000

-

Pontianak - Putussibau

-

Rp400.000

-

Palangkaraya - Pangkalan Bun

-

Rp190.000

-

Samarinda - Bontang

-

Rp60.000

-

Purworejo - Kemayoran

Rp190.000

Rp200.000

-

Yogyakarta - Balaraja

Rp190.000

-

-

Cilacap - Kemayoran

-

Rp160.000

-

Cilacap - Kalideres

-

Rp160.000

-

Malang - Tugumulyo

-

Rp660.000

-

Makassar - Palu

-

Rp410.000

-

Mataram - Sekongkang

-

Rp160.000

-

Ponorogo - Jambi

Rp690.000

-

-

Pontianak - Sintang

-

-

Rp310.000

Palangkaraya - Banjarmasin

-

Rp110.000

-

Sumenep - Surabaya

-

Rp90.000

-

Denpasar - Jember

Rp110.000

-

-

Jakarta - Solo

Rp190.000

-

-

 

Rute

Tarif

Bogor - Bumiayu

Rp120.000

Pangkalpinang - Batu Betumpang

Rp60.000

Tanjung Selor - Malinau

Rp190.000

Palu - Buol

Rp220.000

Mataram - Labangka

Rp170.000

Gorontalo - Palu

Rp220.000

Jayapura - Sarmi

Rp160.000

Ketersediaan jadwal tersebut adalah fokus utama DAMRI dalam menjawab permintaan pelanggan setia dalam upaya meningkatkan tren permintaan perjalanan darat.

Sebagaimana SE tersebut, syarat perjalanan yang diberlakukan DAMRI adalah:

  • Menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19 minimal dosis pertama melalui aplikasi PeduliLindungi. Bagi pelanggan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi.
  • Menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 3x24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Kemudian, mengacu pada SE Satgas COVID tersebut, untuk pelanggan DAMRI usia di bawah 12 tahun belum diperbolehkan untuk melakukan perjalanan.

Pelanggan yang tidak memenuhi persyaratan tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan. “Khusus bagi pelanggan yang telah melakukan reservasi tiket namun ingin mengajukan refund atau reschedule, dapat mendatangi langsung loket resmi DAMRI maksimal 6 jam sebelum keberangkatan atau melalui email cs@damri.co.id,” tambah Sidik.

Dengan adanya penyesuaian tarif, DAMRI terus berupaya menyediakan armada terbaru berteknologi modern dan memastikan kualitas layanan yang baik bagi pelanggan dengan mengedepankan Standar Operasional Prosedur D5K, yaitu Keselamatan, Keamananan, Ketepatan, Kenyamanan, dan Kesehatan.

Dimasa pandemi ini, terlebih masuknya varian baru COVID-19 Omicron di wilayah Indonesia, DAMRI mengajak seluruh pihak untuk tetap mematuhi ketentuan PPKM pada masa Nataru ini. Sebagai perusahaan penyedia layanan transportasi publik, DAMRI tetap hadir untuk melayani kebutuhan masyarakat pelanggan. “Kami imbau untuk masyarakat yang masih harus keluar rumah dan menggunakan transportasi publik agar tetap mematuhi protokol kesehatan agar pandemi ini segera usai dan perekonomian di Indonesia dapat pulih kembali,” tutup Sidik.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan DAMRI pada liburan Natal 2021 dan Tahun 2022, dapat diperoleh dengan menghubungi Call Center Halo DAMRI 1500 825, email cs@damri.co.id, atau media sosial (@damriindonesia).

*akhir*

Share:


KATEGORI


POST POPULER

Peluang Karir di DAMRI by: Sesper | 09 January 2020


POST TERBARU